Rektor Unima Apresiasi Kunker Bapemda DPRD Sulut, Andi: Tugas BRIDA Memberantas Kemiskinan

MINAHASA, Narasinews.co.id – Rektor Unima Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd., menerima secara langsung Kunjungan Kerja (kunker) Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersama tim, bertempat di ruangan rapat Rektorat lantai II Kantor Pusat, Jumat (4/8/2023).

Kunker kali ini, membahas terkait rancangan pembentukan Peraturan Daerah (Perda), Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) yang mengkolaborasikan antara Unima dan DPRD Sulut.

Rektor Unima Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd., mengucapkan, selamat datang kepada ketua DPRD Sulut dr. Fransiscus Andi Silangen, S.P.B, KBD, bersama tim di kampus Unima yang berada di puncak Tonsaru. Kunker tersebut merupakan agenda yang sangat penting, dalam rangka rancangan pembentukan Perda tentang BRIDA, karena BRIDA sendiri bersentuhan langsung dengan salah satu Dharma Perguruan Tinggi yakni tentang Dharma penelitian.

Rektor Unima Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M. Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa, pentingnya BRIDA di Sulut dan peran strategis BRIDA dalam wujudkan visi Unima.

“Dalam rangka pembentukan BRIDA di Sulut ini sangat penting untuk upaya akselerasi atau percepatan pembangunan daerah di Sulut, melalui pembangunan berbasis riset dan inovasi. Selain itu, agenda pembentukan BRIDA ini juga penting yakni memiliki peran yang sangat strategis juga bagi Unima karena sesuai visi Unima,” kata orang nomor satu di Unima.

“Kami mendukung penuh kegiatan hari ini dan diharapkan ada percepatan dalam pembentukan Perda ini, sehingga kita akan menjadi optimal dalam mengejar daerah-daerah lain yang sudah memiliki Perda tentang BRIDA, Kami sangat mengapresiasi kunker dari DPRD Sulut,” ujar Prof. Dei

Saat diwawancarai, Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andik Silangen, S.P.B, KBD., mengatakan bahwa, kami tinggal melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh teman-teman Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

“Pembahasan ini dalam rangka untuk rancangan pembentukan Perda tentang BRIDA. Sebenarnya ini tinggal melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh teman-teman Bapemperda yang telah mengunjungi beberapa Universitas, untuk libatkan perguruan tinggi,” ucap ketua DPRD Sulut.

“Adapun yang menjadi tugas BRIDA adalah penelitian, pengkajian, pengembangan, rekayasa, dan inovasi. Sehingga setiap program kegiatan itu berdasarkan hasil riset, inovasi dan program kerja itu akan lebih terfokus seperti pemberantasan kemiskinan,” tandas Andi.

 

Selain itu, Ketua LPPM Unima, Dr. Armstrong Sompotan, M.Si, menamabhkan terkait, tiga penelitian paling relevan untuk masyarakat Sulut.

“Dalam rapat tadi, saya telah mengusulkan terkait struktur ramping dan memiliki peran sebagai fungsional agar fokus penelitian terah,” pungkas lelaki yang sering di sapa ketua.

“Sedangkan untuk riset sendiri harus menyesuaikan dengan keadaan yang di masyarakat Sulut. Misalnya, pertama tentang pertambangan karena merupakan eksplorasi sumber daya alam, kedua tentang potensi bencana alam seperti beberapa daerah di Sulut yang memiliki gunung merapi, dan ketiga tentang sosial masyarakat. Bagi saya ketiga hal tersebut merupakan penelitian yang paling relevan di Sulut,” tutup ketua.

Setelah pembahasan terkait rancangan pembentukan Perda tentang BRIDA, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama di lantai II Kantor pusat Unima.

Pada kesempatan ini, turut dihadiri oleh Wakil Ketua Bapemperda Melky Pangemanan, SIP, MAP, M.Si, Anggota Bapemperda Fabian Kaloh, SIP, M. Si, dan Yusra Alhabsyi, SE, Ketua Tim Pengembangan Prof. Dr. Sjamsi Pasandaran, M.Pd, Sekretaris Senat Unima, Prof. Dr. Beatrix Jetje Podung, M.Kes, ketua SPI Prof. Dr. Philotheus E.A Tuerah, M.Si.,DEA., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Umum Prof. Dr. Sanusi Gugule, M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Donal Ratu, MHum, kepala LPPM Dr. Armstrong Sompotan, M.Si, LP3M Dr. Patricia M. Silangen, S.Pd, MSi, Kabag Umum dan Plt. Karo Vivi W. Saroinsong, S.Pi.M.Ap Dekan FT Dr. Djubir Ruslan Eddy Kembuan, M.Pd, Dekan FIKKM Prof. Dr. Theo W. E. Mautang, M.Kes., AIFO, Dekan FBS Dr. Ignatius Javier C. Tuerah, S.S., M.Pd, Dekan FISHum Recky H. E. Sendow, SP., MM., Ph.D, Dekan FEB Dr. Joseph P. Kambey, MBA., Ak dan Kepala Humas Drs.Titof Tulaka, SH, M.AP. (ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *