Tindaklanjuti Sinergitas Antara Unima Dengan Sinode GMIM, Ratu Sebut Pemuda EKHN Jerman Cari Jejak Riedel Dan Schwarz

MINAHASA, Narasinews.co.id – Tindaklanjuti kerja sama antara Universitas Negeri Manado (Unima) dan Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) menggelar audiensi sistem pendidikan dengan menghadirkan para pemuda Evangelische Kirche In Hessen und Nassau (EKHN), Gereja Protestan di Jerman.

Kegiatan tersebut dalam rangka pertukaran pemuda antar GMIM dengan EKHN yang dilaksanakan di ruangan rapat Rektorat Unima lantai II, Selasa, (17/10/2023).

Rektor Unima Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M. Pd., diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama Dr. Donal Matheos Ratu, S.Pd, M.Hum, dalam sambutannya mengatakan Unima sangat bersukacita atas kehadiran pemuda EKHN dari Jerman.

“Kami (Unima) dan Sinode GMIM  menyambut dengan sukacita kehadiran EKHN dari Jerman khususnya para pemuda,” sebut WR III yang adalah Laksari Rektor Unima.

Dirinya mengaku siap memfasilitasi para pemuda EKHN mencari jejak Riedel dan Schwarz.

“Unima juga akan memfasilitasi kerana kami (Unima) sudah menjalin kerja sama dengan Sinode GMIM dalam bidang pendidikan, pengajaran dan pengabdian masyarakat,” ujar Ratu.

Wakil Ketua Bidang Misi dan Hubungan Kerja sama Pdt. Dr. Adolf Wenas, M.Th, menjelaskan kehadiran para pemuda EKHN dari Jerman ke Unima.

“Pertemuan kali ini merupakan program Sinode GMIM yakni pertukaran pemuda antar GMIM dan EKHN. Program ini sudah ada sejak 2018 hingga saat ini masih terjalin dengan baik,” jelas Pdt. Wenas.

Wenas menambahkan sasaran para pemuda EKHN dari Jerman tersebut.

“Sasaran para pemuda EKHN sendiri yakni melihat peran pemuda dalam perkembangan seperti aspek ekonomi dan pendidikan yang ada di Minahasa,” tambah Pdt. Wenas.

Ia pun, sangat apresiasi kepada para pemuda EKHN dan mengaku berterima kasih kepada Unima yang telah memfasilitas pertemukan kali ini.

“Kami dari GMIM sangat mengapresiasi kehadiran para pemuda EKHN dari dan berterima kasih kepada Unima khususnya ibu Rektor Prof Dei yang diwakili WR III Unima yang sudah memfasilitas pertemuan kali,” tandas Pdt. Wenas.

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan diskusi yang dimoderatori oleh Dekan FISH Unima, Recky H. Sendouw, SP, MM, Ph.D.

Turut dihadiri oleh ketua senat Unima, Prof. Dr. Herry Sumual, M.Si, Sekretaris Senat Unima, dan Prof. Dr. Beatrix Jetje Podung, M.Kes, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Drs. Arie Tulus M.Pd, BPMS GMIM Wakil Sekretaris Koordinator Program Komisi Pelayanan Kategorial dan Lansia Sinode Pdt. Jeffry Saisab, S.Th, M.Si, para dosen dan Mahasiswa Prodi Bahasa Jerman.(ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *