Unima Gelar Pelepasan Mahasiswa Peserta PMM Tahun 2023, WR I: Kalian Adalah Duta-Duta Unima Berprestasi

MINAHASA, Narasinews.co.id – Rektor Unima Pro. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M. Pd., diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si secara simbolis melepas sebanyak 102 mahasiswa Unima yang merupakan Outbound program Pertukaran Mahasiwa Merdeka (PMM) tahun 2023.  Acara pelepasan sendiri berlangsung di Ruangan Rapat Senat, lantai III kantor pusat Unima, Selasa, (1/8/2023).

Pelepasan peserta Outbound PMM angkatan ke tiga ini, merupakan acara seremonial untuk melepaskan para mahasiswa Unima yang akan mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) ke berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Mahasiswa Unima yang menjadi peserta PMM atau mahasiswa Outbound akan menjalani perkuliahan selama satu semester di salah satu perguruan tinggi di luar Unima.

Vivi Peggie Rantung, ST., MISD., selaku Koordinator PMM Unima dalam laporannya mengatakan bahwa PMM sudah berlangsung selama tiga angkatan, dan Unima setiap tahunnya mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti program tersebut.

Tahun ini Unima mengirimkan sebanyak 102 mahasiswa untuk mengikuti program PMM ke tiga yang diantaranya memilih, IKIP Budi Utomo, Institut Desain dan Bisnis Bali, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Institut Teknologi Nasional Bandung, Universitas 16 Agustus 1945 Jakarta, Universitas 16 Agustus 1945 Surabaya, Universitas Alma Ata, Universitas Andalas, Universitas Bandar Lampung, Universitas Bengkulu, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Garut, Universitas HKBP Nommensen Medan, Universitas Internasional Batam, Universitas Jember, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Khairun, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Langlang Buana, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Suarakarta, Universitas Maria Kudus, Universitas Musamus Merauke, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Semarang, Universitas Padjadjaran, Universitas Pasundan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Universitas PGRI Semarang, Universitas PGRI Yogyakarta, Universitas Prima Indonesia, Universitas Sarajanawiyata Tamansiswa, Universitas Simalungun, Universitas Surabaya, Universitas Tribhuwana Tungga Dewi, Universitas Trunojoyo dan Universitas Udayana.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si., salam sambutannya menyampaikan bahwa untuk peserta anggota PMM angkatan ke tiga untuk menjadi atittude saat mengenakan jas almamater Unima.

“Awalnya, saya sudah melaporkan ke Ibu Rektor tentang pelepasan PMM hari, namun ibu rektor kita sedang sibuk karena banyak tamu dan sementara menandatangani Ijzaha kakak-kakak kalian. Untuk ibu rektor menugaskan saya dan ibu Vivi membuka pelepasan PMM angkatan ke 3 Ini,” kata Wakil Rektor yang sering disapa Prof. Orba.

Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan, pertama-tama yakni tentang atittude. Ketika mengenakan jas almamater Unima jagalah, atittude dalam pergaulan baik dengan sesama mahasiswa dan kepada dosen-dosen yang ada di sana, apalagi yang mereka yang ada di Jawa, karena di Jawa orangnya, sopan-sopan. Kebebasan yang sudah jadi kebiasaan kita di sini, janganlah di bawa kesana.” tegas Prof. Orba.

Lebih lanjut, Prof. Orba mengingatkan juga kepada peserta PMM angkatan ke tiga di Unima ini, untuk menujukan sopan santun dan rendah hati  sebagai mahasiswa berprestasi pilihan Unima.

“Sopan santun itu harus di tunjukan karena kalian menggunakan jas almamater Unima. Sebagai  mahasiswa berprestasi pilihan Unima tujukan kerendahan hati kalian. Saya percaya dan seyakin-yakinnya, bahwa kalian mahasiswa berprestasi Unima, yang telah melalui seleksi lalu mendaftarkan diri untuk ikut program ini,” ujar Prof. Orba.

“Teruskan perjuangan ini, karena kalian adalah duta-duta Unima yang berprestasi. Jangan lupa  juga untuk mengabari pacar kalian semua, just kidding,”ungkap Prof. Orba dengan nada bercanda.

Pada kesempatan ini, Prof. Orba melepas secara resmi PMM angkatan ke 3 di tahun 2023.

“Saya atas nama rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M. Pd., melepas secara resmi PMM di tahun 2023, kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi dan menyertai hingga kalian kembali ke Unima, salamt berjuang, para duta-duta PMM pilihan Unima,”tutup Prof. Orba. (ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *