Unima Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke 78 Tahun, Prof Orba Baca Amanat Mensos RI

MINAHASA, Narasinews.co.id – Universitas Negeri Manado (Unima) menggelar upacara bendera dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan Nasional ke 78 tahun, dengan mengusung tema, Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan Dan Kebodohan, bertempat di Halaman Kantor Pusat Unima, Jumat (10/11/2023).

Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd., diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si., bertindak sebagai Pembina Upacara dan membacakan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI), Dr. Ir. Hj. Tri Rismaharini, M.T,

Dalam amanatnya, Mensos RI, menyampaikan bahwa generasi penerus bangsa untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara. Ajakan tersebut disampaikan karena saat ini negara tengah dihadapkan pada berbagai ancaman dan tantangan. Sebab, Indonesia memiliki beragam sumber daya alam yang rentan dikuasai oleh pihak luar.

Menurut Mensos RI, ancaman dan tantangan ini bisa ditaklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang pada 10 November 1945 silam.

“Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” kata Mensos RI yang akrab disapa Bu Risma.

Lebih lanjut, Bu Risma mengatakan bahwa generasi penerus perlu memiliki semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa pada 1945. Semangat tersebut mampu membawa bangsa menolak kalah dan menyerah pada keadaan.

“Menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Mewujudkan masa depan yang lebih baik,” jelas Bu Risma.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” tandasnya.

Diketahui, Fakultas Teknik Unima selaku panitia pelaksana upacara tersebut.

Turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama Unima, Dr. Donal Matheos Ratu, S.Pd, M.Hum, Ketua Senat Universitas Prof. Dr. Herry Sumual, M.Si, Sekertaris Senat Universitas Prof. Dr. Beatrix Jetje Podung, M.Kes, Ketua SPI Prof. Dr. Philoteus Tuerah, M.Si., DEA, Dekan Fatek Unima, Dr. Eddy Djubir Kembuan, M.Pd, Dekan FIPPsi, Prof. Dr. Harold Lumapow, M.Pd, Dekan FEB, Dr. Joseph P. Kambey, MBA., Ak, dan Kepala Humas Unima Drs. Titof Tulaka, SH., MAP, dan ratusan mahasiswa Fakultas Teknik Unima. (ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *