Bahas Peran Perempuan Era Pergerakan Nasional, Dosen Pendidikan Sejarah Unima Gelar Program PKM Di SMA YPKM Manado

Manado, Pendidikan261 Dilihat

MANADO, Narasinews.co.id – Dosen Jurusan Pendidikan Sejarah Unima melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dengan tema Aktivitas Perempuan Era Pergerakan Nasional Indonesia, bertempat di SMA YPKM Manado, Rabu (4/10/2023).

Kegiatan tersebut merupakan skema pemberdayaan kemitraan masyarakat oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unima.

Dr. Hetreda Terry, M.Hum., selaku pelaksana program PKM mengatakan bahwa mata pelajaran Sejarah Nasional Indonesia tidak di bahas lebih khusus sehingga peserta didik di di SMA YPKM Manado belum memahami peran ganda di masa lampau.

“Masih banyak peserta didik belum memahami dengan baik aktivitas perempuan pada era itu, karena tidak dibahas secara khusus dalam mata pelajaran Sejarah Nasional Indonesia,” katanya.

Menurut mantan PD II FIS Unima ini, peserta didik yang ada di SMA YPKM Manado merupakan bagian dari generasi muda Indonesia yang harus memiliki pengetahuan tentang keterlibatan perempuan dalam perjuangan rakyat Indonesia di masa lampau, sehingga mereka tahu bahwa perempuan Indonesia sudah sejak dulu berperan ganda dengan melibatkan diri dalam perjuangan bangsa.

Lebih lanjut, Hetreda menegaskan bahwa perempuan memiliki tugas yang sama berjuang merebut kemerdekaan.

“Semangat kebangsaan yang tumbuh dan berkembang ini telah membawa pengaruh yang besar terhadap kaum perempuan pribumi, apalagi kesadaran ini tumbuh akan situasi dan kondisi hidup dalam masyarakat yang terjajah,” tegas Hetreda.

Dirinya menyebutkan, tujuan kemitraan ini untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik terhadap sepak terjang perempuan era pergerakan nasional Indonesia.

“Kaum perempuan di era pergerakan nasional Indonesia, turut serta berkolaborasi dengan kaum laki-laki bergandengan tangan bahu membahu memperjuangan kemerdekaan bangsanya dari kaum penjajah,” tandas Hetreda.

Ia pun berharap, melalui kegiatan PKM ini para peserta didik dapat meningkatkan pengetahuan tentang sejarah khusus peran perempuan era pergerakan nasional.

“Saya sangat berterima kasih khusus pihak sekolah yang telah memberikan waktu kesempatan untuk melaksanakan program PKM di sekolah ini, saya sangat berharap melalui kegiatan PKM Unima ini para peserta didik dapat menambah pengetahuan tentang keterlibatan perempuan dalam perjuangan rakyat Indonesia. (ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *