Peringatan Hari Pahlawan Nasional Ke 78, Biringan Ingatkan Makna Pidato Bung Karno Jas Merah

MINAHASA, Narasinews.co.id – Himpunan Mahasiswa Jurusan (Himaju) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melaksanakan Lomba Bintang Vokalia, Baca Pidato dan Peragaan busana, bertempat di Aula Jurusan PPKn lantai II, Jumat (10/11/2023).

Kegiatan tersebut awali dengan doa yang dipimpin oleh Sekertasi Jurusan PPKn, Pdt. Telly Delly Wua, S.Th., M.Pd.K.

Ketua Jurusan PPKn Unima, Dr. Julien Biringan, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar bisa bagi Himaju PPKn

“Selaku Kajur, saya sangat mengapresiasi kegiatan hari ini dalam rangka memperingati hari pahlawan nasional ke 78 tahun,” ujarnya.

Menurut Biringan, mahasiswa harus memahami makna Pidato Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno berjudul Jas Merah  yang berarti Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah.

“Kita tidak boleh melupakan sejarah karena dari sejarah itulah kita bisa banyak belajar untuk kehidupan bangsa Indonesia yang lebih baik,” jelas Biringan.

“Inti pokok dari Pidato Bung Karno berjudul Jas Merah itu, pertama harus banyak belajar pada sejarah dan kedua jangan lupa para pendahulu yang telah berjuang bagi kemerdekaan bangsa Indonesia,” lanjutnya.

Senanda dengan itu, Ketua Himaju PPKn, Christian Kamasi, mengatakan bahwa kegiatan bertujuan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme.

Kegiatan ini mengusung tema Meningkatkan Semangat Nasionalisme Generasi Milenial Sebagai Penerus Bangsa. Sebagai mahasiswa kita harus terus berjuang bagi bangsa dan negara kita tercinta yakni Indonesia,” jelas Tian.

“Adapun, kegiatan bertujuan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme sebagai penerus bangsa apalagi generasi milenial yang merupakan tulang punggung negara Indonesia,” lanjut Tian.

Ia pun berharap, kebersamaan pengurus Himaju terus terjalin dengan baik.

“Kedepannya, saya berharap melalui kegiatan ini Himaju PPKn terus solid dan eksis dalam menjalankan  tugas kepengurusan serta bertanggung jawab di bidangnya masing-masing,” tutup Tian. (ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *