Membanggakan, Tim EDS Unima Raih Prestasi di WUDC Ho Chi Minh City Vietnam Diapresiasi Rektor

Minahasa, Pendidikan295 Dilihat

TONDANO, Narasinews.co.id – Tim English Debating Society (EDS) Universitas Negeri Manado (Unima) meraih prestasi membanggakan dalam perhelatan World Universities Debating Championship (WUDC) di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Anggota tim debat Unima beranggotakan tiga orang diantaranya, Fabiano Salettia mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman dan Ichiko Wenas mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris serta Jenerio Mokalu Wakil Juri Institusi Unima.

Sebelumnya, tim debat ini juga telah membawa nama Unima di sirkuit debat internasional maupun nasional misalnya pada tahun 2021 Malaysia British Parliamentary, tahun 2022 Serbia World Universities Debating Championship, tahun 2023 Indonesia National University Debating Championship dan diawal tahun 2024 Vietnam World Universities Debating Championship.

Mendengar kabar ini, Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd menyampaikan rasa bangga dengan segala pencapaian yang didapatkan oleh beberapa tim debat Unima.

“Kami sangat mengapresiasi segala pencapaian para mahasiswa ini dan diharapkan momen tersebut dapat memicu kita untuk terus lebih baik kedepannya,” ucap Katuuk.

Menurut Katuuk, segala pencapaian tersebut tidak lepas dari kerja sama seluruh pihak yang ada di Unima khususnya dosen dan seluruh pembimbing dari tim debat tersebut.

“Pencapaian ini menjadi bukti keberhasilan dari apa yang kita lakukan selama ini dan prestasi ini sangat membanggakan bagi Unima,” tuturnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Donal Matheos Ratu, M.Hum mengungkapkan apresiasi Unima khusus pada bidang kemahasiswaan atas kerja keras tim debat Unima sehingga mencapai kejuaraan debat tingkat dunia.

“Terima kasih telah membawa nama Unima di kancah internasional. Semangat untuk bisa meraih yang terbaik pada kompetisi selanjutnya, jika dalam prosesnya kita meraih hasil sesuai yang diharapkan tidak boleh menjadi sombong,” ungkap Donal.

Mantan Dekan FBS tersebut, mengakui perjalanan tim debat Unima merupakan proses yang tidaklah mudah untuk membawa nama Unima diajang debat internasional.

“Tidak mudah menjadi tim yang namanya disebut di WUDC. Unima bangga walaupun lelahnya luar biasa,” jelasnya.

Senada dengan itu, Jenerio Mokalu selaku perwakilan tim debat Unima menyampaikan rasa bangga bisa mewakili Unima di kejuaraan debat tingkat dunia Vietnam WUDC tahun 2024 di FPT University HCM Ho Chi Minh City Vietnam sebagai tuan rumah.

“Kita tim debat Unima sangat bangga bisa membawa nama Unima terbang ke ajang debat internasional, terima kasih kepada Rektor Unima Prof. Dr. Deitje A. Katuuk, M.Pd dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Donal Matheos Ratu, S.Pd., M.Hum atas kepercayaan dan dukungannya kepada tim EDS Unima,” katanya.

“Terima kasih juga kepada Fabian Pascalis Salettia dan Ichiko sebagai debater pertama Unima yang berkompetisi diajang WUDC,” pungkasnya. (Kai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *