Himaju Pendidikan Sejarah Gelar Seminar Peringatan Hari Pahlawan Ke 78, Dasfordate Sebut Momentum Ini Jadi Refleksi

MINAHASA, Narasinews.co.id – Himpunan Mahasiswa Jurusan (Himaju) Pendidikan Sejarah melaksanakan Seminar dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan ke 78 Tahun, bertempat di Ruangan Laboratorium Jurusan Pendidikan Sejarah Unima lantai III, Jumat (10/11/2023).

Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah, Dr. Aksilas Dasfordate, S. Pd, M. Hum, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya momentum bersejarah.

“Saat ini kita sedang memperingati Hari Pahlawan Nasional ke 78, ini merupakan momentum yang sangat penting untuk merefleksikan kembali perjuangan para Pahlawan kita,” katanya.

Menurut Dasfordate, Jurusan terakreditasi Unggul ini akan terus mengisi berbagi memonten bersejarah di Indonesia.

“Selaku kajur, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini yang menjadi terobosan bagi Jurusan Pendidikan Sejarah Unima untuk mengisi berbagai momentum bersejarah yang pernah terjadi pada bangsa Indonesia,” ungkap Dasfordate.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa Mahasiswa Sejarah harus bisa merefleksikan dirinya sendiri.

“Mahasiswa harus bisa merefleksikan hari pahlawan terhadap dirinya sendiri, kalau dalam metodologi sejarah namanya pendekatan strukturisme yakni dorongan dari diri sendiri untuk menggapai cita-citanya. Jadilah Pahlawan bagi diri sendiri bukan Pahlawan bagi orang lain,” tegas Dasfordate.

Disisi lain, Divisi P3 Himaju Yosua Swardin Laia, berujar bahwa materi yang disampaikan oleh para Dosen sangat menarik.

“Kegiatan ini berjalan sesuai dengan prosedurnya dan materi yang dipaparkan pada hari ini sangat cocok untuk memperingati Hari Pahlawan yang berjudul Peran Pahlawan Lokal dalam kebhinekaan Indonesia,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan bahwa kegiatan juga menambah pengetahuan dan menambah relasi dikalangan Mahasiswa Unima.

“Tujuan kegiatan ini menambah ilmu bagi mahasiswa terutama Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah, namun selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar sesama baik Dosen maupun Mahasiswa dikalangan kampus, serta untuk menambah relasi,” jelas Yosua.

Ketua Himaju Pendidikan Sejarah, Refino Naflalia berharap kegiatan terus dilaksanakan.

“Melihat antusias teman-teman Mahasiswa, saya berharap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan untuk mengenang serta memaknai perjuangan para Pahlawan Bangsa Indonesia, karena itu penting bagi kita selaku Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah,” pungkas Fino.

Pada kesempatan ini turut dihadiri oleh, Kepala Laboratorium Pendidikan Sejarah, Darmawan Edi Winoto, S. Pd., M. Pd Dosen Pendidikan Sejarah, Dr. Aldegonda E. Pelealu, M. Hum, Dr. Meity Najoan, M. Hum, Dr. Hetreda Terry, M. Hum dan Ngismatul Khoeriyah, S. Pd., M. Pd. (ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *