Mendikbudristek Sebut Transformasi Pendidikan, Unima Peringati Hari Kesaktian Pancasila

MINAHASA, Narasinews.co.id – Universitas Negeri Manado (Unima) melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertempat di depan Kantor Pusat Unima, Senin (1/10/2023).

Upacara ini dipimpin langsung oleh Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd., diwakili Wakil Rektor bidang Akademik, Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si., yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Mendikbudristek, Nadiem Makarim, dalam pidatonya menyampaikan bahwa Indonesia mampu membuktikan kemampuan dipanggung internasional.

“Saudara saudariku, sebangsa dan setanah air. Pada tahun ini, negara ini kembali mendapatkan kepercayaan untuk menunjukan keunggulan Indonesia dipanggung internasional melalui keketuaan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), kita kembali membuktikan kemampuan bangsa Indonesia mendorong kemajuan dengan semangat persatuan,” ujarnya.

Dia menambahkan, generasi bangsa Indonesia perlu diwarisi tentang kebersamaan dihari kesaktian pancasila.

“Kesaktian pancasila dalam menguatkan kebersamaan kita, tentunya perlu diwariskan ke generasi penerus oleh karena itu, kami (Mendikbudristek) mentransformasi pendidikan Pancasila mengedepankan berbasis proyek,” ungkap Mendikbudristek.

Dengan demikian, lima butir yang menyusun di negara Indonesia tidak hanya menjadi hafalan tapi berlaku sebagai pedoman bagi kehidupan sehari-hari.

Selain itu, dalam sambutannya Wakil Rektor Rektor bidang Akademik, Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si., mengatakan bahwa komitmen kita sebagai bangsa untuk melestarikan nilai-nilai Pancasila di bumi persada pertiwi ini seterusnya dan selamanya.

“Pancasila tidak sekedar suatu ideologi dan cara pandang filosofi kita sebagai bangsa tetapi Pancasila merupakan pengikat kita anak bangsa yang berbeda-beda ini, karena itu Pancasila tidak bisa hanya berhenti pada penghayatan nilai- nilainya, melainkan diejawantahkan dalam sikap perilaku sehari-hari dari kita semua” ungkapnya.

Menurut Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si., yang akab disapa Prof. Orba, menjelaskan bahwa hari kesaktian Pancasila dimaknai sebagai persatuan dan keberadaan untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Secara khusus di lingkungan Unima kita memaknai hari Kesaktian Pancasila ini dengan memperkuat persatuan dan kebersamaan kita dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kerja sama dalam bingkai budaya mapalus menjadi salah satu implementasi dalam menjadikan nilai-nilai Pancasila itu hidup di tengah kerja dan dedikasi kita bagi negara dan bangsa,” jelas Prof. Orba.

Dirinya berharap, Unima terus bersatu dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dikehidupan sehari-hari.

“Untuk itu saya mengajak semua komponen Unima untuk terus bersatu, bekerja dengan giat menuju Indonesia Maju. Teruslah menerapkan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila pemersatu bangsa menuju Indoneia maju, selamat Memperingati Hari Kesaktian Pancasila,” tandas Prof. Orba.

Diketahui, panitia pelaksana upacara hari Kesaktian Pancasila yakni Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum.

Pada kesempatan ini, turut dihadiri oleh Ketua dan sekertaris senat, ketua SPI, para dekan dan wakil dekan, direktur dan wakil direktur pascasarjana, para guru besar, para ketua lembaga dan sekretaris lembaga, para kepala biro, para kepala UPA, seluruh tenaga pendidik, teluruh tenaga kependidikan, kepala Humas dan para Mahasiswa di lingkup Unima. (ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *