Buka Progam Magang Di Jepang, Unima Teken MoU Dengan Perusahaan Jepang World Wings Co.,Ltd

MINAHASA, Narasinews.co.id – Dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa ditingkat internasional, Universitas Negeri Manado (Unima) melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dengan Perusahaan Jepang World Wings Co., Ltd, yang bekerja sama juga dengan IJB Net Sulut (Indonesia-Japan Business Network).

Kegiatan pendandatangan MoU ini berlangsung, di ruang rapat senat Unima lantai III, Senin (17/7/2023).

Rektor Unima Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa program magang/internship memungkinkan mahasiswa untuk menjalani magang di perusahaan untuk jangka waktu tertentu, secara paralel dengan belajar di perguruan tinggi yang ada di Jepang.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kejuruan dengan membuat mahasiswa dapat bersentuhan langsung dengan tempat kerja perusahaan, serta cepat beradaptasi dengan budaya perusahaan,” kata orang nomor satu di Unima

Selain itu juga peningkatan kemampuan berbahasa asing/bahasa Jepang dan mempelajari budaya Jepang dapat diserap dengan baik.

Muara dari kerjasama ini, lanjutnya, yakni kemampuan mahasiswa dapat terbina pada pengembangan cara berpikir lebih dewasa, siap bekerja dan tentu kreativitas dan inovasi dapat meningkat.

Perguruan tinggi dituntut untuk mampu menjawab perkembangan kebutuhan, harus mampu menyiapkan SDM dengan lulusan yang memiliki kualitas serta daya saing tinggi.

“Kualitas dan daya saing telah menjadi Indikator Kinerja Utama (IKU) bagi setiap perguruan tinggi. Dengan daya serap dan kesesuaian keahlian pada bidang masing-masing, maka mahasiswa lulusan perguruan tinggi pun harus menghadapi perkembangan dan tantangan ini,” urai Rektor Katuuk.

Ke depan, tambah dia, mutu suatu perguruan tinggi diukur pada tiga kemampuan yaitu, pertama global competition (kemampuan berkompetisi secara global), kedua global collaboration (kemampuan bekerjasama secara global) dan ketiga global recogniton (pengakuan secara global).

Karena itu Rektor menyebut, penandatanganan MoU kerjasama antara Unima dan Perusahaan Jepang World Wings Co., Ltd, merupakan salah satu bagian dari upaya strategis Unima, untuk menghasilkan lulusan berkualitas, baik tingkat nasional maupun pada tataran global.

“Dari kerjasama dengan Perusahaan Jepang World Wings Co., Ltd, ini memberi ruang kepada Unima dalam menyiapkan lulusan melalui pengalaman belajar, sambil bekerja atau learning by doing,” ungkapnya.

Dia berarap semua program studi terkait dapat memanfaatkan peluang kerjasama dengan Perusahaan Jepang World Wings Co., Ltd.

“Baik dosen maupun mahasiswa manfaatkan kesempatan ini. Kami berharap Unima tidak hanya membelajarkan mahasiswa di luar prodi, tetapi juga sangat berharap dosen-dosen dapat menghasilkan model-model pembelajaran, memperkaya materi, atau bahan kuliah yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja,” imbuhnya.

Mewakili seluruh Keluarga Besar Unima Rektor Katuuk menyampaikan, penghargaan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Perusahaan Jepang World Wings Co., Ltd, yang sudah berkenan dan membuka ruang untuk Unima, khususnya dosen dan mahasiswa yang akan belajar di perusahaan.

“Kami sangat mengapresiasi serta berterima kasih kepada perusahaan serta Perusahaan Jepang World Wings Co., Ltd, Mr Coro San dan Tanaka San yang telah memberikan Unima kesempatan terbaik melalui kerjasama ini. Kiranya kerjasama ini akan terus terjalin dengan baik,” kuncinya. (ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *