Wujudkan Nawacita Presiden RI Jokowi Widodo, Tim PKM Unima Adakan Revitalisasi Usaha Tani Tunjang Pariwisata Di Likupang Minut

MINAHASA, Narasinews.co.id – Tim dosen Universitas Negeri Manado (Unima) melaksanakan Pengabdian pada masyarkat melalui pendanaan skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek.

Kegiatan tersebut dimulai sejak bulan Juni sampai dengan September 2023 bertempat dipariwisata pantai Paal desa Marinsow Kecamatan Likupang Timur Minahasa Utara (Minut).

Tim yang di ketuai Jeane Mantiri menyampaikan esensi kegiatan PKM tersebut.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki makna ganda yaitu selain sebagai upaya mengatasi masalah rendahnya produktivitas usaha pertanian di sejumlah kawasan pariwisata khususnya di Kecamatan Likupang Timur juga didalamnya usaha pertanian terpadu sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan ekonomi dalam rangka mengentaskan kemiskinan,” katanya.

Menurutnya ketua pelaksana kegiatan ini sekaligus sebagai upaya ikut serta mewujudkan Nawacita Presiden Republik Indonesia Jokowi, khususnya Cita ketiga yakni berkomitmen secara sistematis, konsisten dan berkelanjutan untuk menjadikan wilayah pedesaan menjadi wilayah yang maju, kuat, mandiri dan demokratis.

“Melalui program tersebut pengembangan kawasan pedesaan mutlak didukung oleh semua komponen di dalammya Perguruan Tinggi khususnya Unima agar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ujar Mantiri yang adalah dosen Prodi IAN FISH Unima.

Mantiri menambahkan manfaat kegiatan ini yakni peningkatan pengetahuan dan keterampilan pemasaran bagi masyarkat.

“Menurut saya, menfaaat kegiatan ini yakini adanya peningkatan kapasitas sumberdaya mitra terutama adanya peningkatan pemahaman dan penguasaan pengetahuan dan teknologi usaha tani tanaman pangan terintegrasi, dan terfasilitasinya media pembelajaran dalam bentuk usaha budidaya tanaman pangan dengan menggunakan Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP) di halaman sekolah, dan budidaya tanaman buah,” tambah Mantiri.

Ia pun mengaku sangat berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

“Selaku ketua tim pelaksana sangat berterima kasih kepada terutama ditujukan kepada Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang telah mendanai kegiatan PKM 2023. Dan kepada Rektor Unima Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd dan Ketua LPPM Dr. Armstrong Sompotan, M.Si, yang terus mendorong kami untuk berkarya lewat kegiatan pengabdian kepada masyaraat serta berterima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat secara aktif dalam kegiatan ini,” tandas Mantiri. (ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *