Irjen Dan Sesjen Kemendikbudristek RI Hadiri Rakerpim Unima 2023, Rektor: Selamat Datang Di Bumi Nyiur Melambai

MINAHASA, Narasinews.co.id – Inspektur Jenderal (Irjen) dan  Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia hadiri rekerpim Unima, bertempat di Hotel The Sentra Manado, Selasa (10/10/2023).

Rektor Unima Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd, dalam sambutannya mengaku bersyukur dan bangga atas kehadiran Irjen Kemendikbudristek Dr. Chatarina Muliana Girsang, S.H., S.E., M.H, dan Sesjen Kemendikbudristek Ir. Suharti, M.A., Ph.D.

“Selaku Rektor menyampaikan selamat datang ibu Irjen Dr. Chatarina Muliana dan Sesjen Ir. Suharti, Ph.D, di bumi nyiur melambai, selamat datang di Unima. Kami sangat bersyukur dan bangga serta bersukacita atas kehadiran kedua nasrasumber yang hebat ini,” ujarnya.

“Rakerpim kali ini mengusung tema Penguatan Tata Kelola Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum Yang Unggul dan Berkualitas. Tema ini berkenan dengan tantangan dan prioritas kerja Unima sebagai instansi pemerintah yang menerapkan pengelolaan keuangan BLU tahun 2023 dan 2023,” lanjut Rektor Unima.

Rektor berharap rakerpim ini dapat mendorong akselerasi di Unima dalam proses transformasi dan revitalisasi di lingkup PTN.

“Saya berharap rakerpim Unima 2023, mendorong terjadinya akselerasi di Unima dalam proses transformasi dan revitalisasi di lingkup PTN. Selain rakerpim ini merupakan implementasi Permendikbud Ristek Nomor 53 Tahun 2023,” pungkas Rektor Unima.

Irjen Dr. Chatarina Muliana yang akrab disapa Dr. Chatarina, membawakan materi tentang Penegakan Integritas Akademik dan Tata Kelola Dalam Rangka Mewujudkan Kampus Yang Bersih dan Bebas Dari Praktik Korupsi.

Dr. Chatarina menjelaskan Bagaiamana input Unima bisa hebat dan berperan dalam kemajuan untuk meningkat kesejeteraan bangsa Indonesia.

“Menurut saya, salah satu hulu adalah hasil penelitian bapak ibu semua. Oleh karena itu penting kita memahami bahwa apapun yang saat ini kita harapkan itu bisa bermanfaat kesejeteraan Indonesia karena sebagai ilmuwan,” jelas Irjen Dr. Chatarina.

Dirinya menambahkan kualitas SDM di provinsi Sulut, salah satunya bergantung kualitas pada kualitas dosen di Unima.

“Kualitas kita sebagai dosen dapat memberikan pengaruh yang signifikan pada kualitas SDM yang ada di provinsi Sulut. Kerena kita orang datang ke Unima tentu berharap lulusan Unima bisa diterima di dunia kerja” tambah Irjen Dr. Chatarina.

Dr. Chatarina menuturkan pengurusan  PTN ditemukan sejumlah mafia di berbagai wilayah di Indonesia dengan pengagasilan ratusan juta.

“Sedihnya, jika dikatakan secara ekstrim dalam pengurusan PTN ada mafianya di sejumlah wilayah Indonesia misalnya, di Sumatera ada mafianya dan di Jawa ada mafianya dan beberapa wilaya di Indonesia lainnya dan sebagian dosen-dosen PTN. Mereka sudah mengaku kepada kami dan hasil ratusan juta,” tutur Irjen Dr. Chatarina.

Ia pun berharap Unima dengan status BLU termasuk PTN yang remaja bisa lebih mandiri lagi.


“Peran kita sangat besar,  ini merupakan mata rantai didalam emas. Saya rasa Unima bisa terus berupaya melakuan inovasi di dalam menghadapi perubahan, apalagi Unima sudah BLU tentu otonominya lebih tinggi lagi dan mandiri,” tandasnya.

Selain itu, Sesjen Ir. Suharti, Ph.D, dengan materi visi Indonesia 2045.

Menurut wanita asal Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu mengatakan bahwa Indonesia mustahil akan maju jika Sumberdaya Manusianya tidak diperbaiki.

“Ada beberapa pilar di bidang SDM, yakni terkait percepatan penyediaan layanan pendidikan yang merata, yang tidak hanya sebatas memeratakan layanan pendidikannya saja, tetapi juga merata secara kualitas,” katanya.

Alumni SMA Negeri 1 Pringsewu tersebut berharap pendidikan di Indonesia semakin maju dan SDM nya semakin berkualitas.

“Mari kita sama-sama memastikan. Pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik serta memberikan manfaat lebih baik untuk kemanusian di Indonesia. Tidak ada negara maju jika SDM nya tidak berkualitas dan tidak ada negara maju indeksnya tidak berkembang,” tutup Sesjen Ir. Suharti.(ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *