Unima Gelar Pembekalan KKN Gelombang II, Katuuk Sebut KKN Wajib Bagi Mahasiswa

MINAHASA, Narasinews.co.id – Universitas Negeri Manado (Unima) kembali melaksanakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang II tahun 2023 bertempat di Gedung Kuliah Bersama, Rabu, (20/9/2023.

Bertemakan KKN Unima Mapalus membangun potensi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kampus, pembekalan ini diikuti 800 Mahasiswa dari tujuh fakultas yang ada di Unima.

Ketua Lembaga penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unima, Dr. Armstrong Sompotan, M.Si., dalam sambutannya mengatakan pembekalan KKN gelombang II Unima ini bertujuan membangun potensi lokal.

“Melalui KKN, Unima memberi kontribusi positif kepada masyarakat sekitar kampus, baik di Minahasa dan Tomohon. Tentu program utama mahasiswa akan bekerja sama dengan masyarakat dalam identifikasi potensi daerah dan lingkungan yang dimiliki,” ujar Armstrong.

Dia menyebutkan, mahasiswa akan membantu kembangkan potensi masyarakat agar memberi manfaat. Armstrong menambahkan, Unima akan mengembangkan segala potensi yang ada baik kampus maupun masyarakat sekitar sehingga akan menjadi pusat pengembangan daerah.

Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat bersyukur bisa hadir pada kegiatan pembekalan KKN.

“KKN wajib bagi mahasiswa, bagaiamna implementasi keilmuan di masyarakat, kolaborasi bersama pemerintah, dunia usaha indsustri, dalam rangka implementasi MBKM,” sampainya.

Katuuk menjelaskan, pelaksanaan KKN MBKM memuat 20 SKS dengan berbagai kegiatan seperti riset, proyek dan kegiatan berkelompok.

“Semuanya tentu untuk mendukung program pemerintah baik di Kabupaten Minahasa maupun Kota Tomohon. Hasil sinegritas yang ditunjukkan mahasiswa nanti akan dilaporkan kepada LPPM,” imbuh Katuuk.

Menurutnya program MBKM memberi kesempatan luas kepada mahasiswa menghasilakn multi kompetensi sehingga bisa memikiki mulit skill.

“Berharap KKN berjalan baik, abdikan diri dalam program ini, gunakan waktu sebaik mungkin, kembangkan potensi dan inovasi sehingga bisa menghasilkan keunggulan. Jaga nama baik Unima baik di pemerintahan, dunia usaha, serta masyarakat,” imbaunya.

“Saya selaku rektor membuka secara resmi KKN Unima gelombang II 2023. Unima Mapalus bekerja bersama, bersama-sama bekerja sehingga mampu memberi hasil dalam membangun daerah,” tandas Katuuk.

Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey (RD) yang hadir secara langsung dalam kesempatan tersebut, mengaku merasa senang karena bisa hadir dan bertatap muka dengan peserta KKN Unima.

“Pemerintah tentu sangat mengapresiasi karena kegiatan ini merupakan sakral bagi mahsiswa, tentu akan banyak bekrotnirbusi kepada pemerintah Minahasa dan Tomohon,” ungkapnya.

“Kita bangun bersama daerah ini, tentu tunjukkan Unima sangat luar biasa dalam membangun Sulut. Sebagai informasi, saya juga sementara studi program doktor Manajemen di Unima,” ungkap RD.

Lebih lanjut RD menjelaskan, KKN merupakan kerja tim. Dia juga menekankan ketika di lapangan mahasiswa jangan bekerja sendiri serta harus selalu ada interaksi sesama teman.

Adik-adik mahasiswa harus kompak, dan jika menemui kebuntuan, harus berdiskusi dan mencari jalan keluar.

“Diharapkan LPPM juga monitor terus para peserta KKN dengan dosen pembimbing lapangan, serta jangan lupa untuk minta tuntunan yang Maha Kuasa, maka semua itu akan berhasil,” pungkas Robby.

Pada kesempatan tersebut turut hadir oleh, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si, Wakil Rektor Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama Dr. Donal Matheos Ratu, S.Pd, M.Hum, Ketua SPI Prof. Dr. Philoteus Tuerah, M.Si., DEA, Sekretaris Senat Unima, Prof. Dr. Beatrix Jetje Podung, M.Kes, Koordinator PPG Prof. Dr. Cosmas Poluakan, MS, Dekan FT Dr. Djubir R. E. Kembuan, M.Pd., Dekan FIKKM Prof. Dr. Theo W. E. Mautang, M.Kes., AIFO, Dekan FBS Dr. Ignatius Javier C. Tuerah, S.S., M.Pd, Dekan FISH Recky H. E. Sendow, SP., MM., Ph.D, Dekan FEB Dr. Joseph P. Kambey, MBA., Ak, Plt. Karo Perencanaan Dra. Vivi Saroinsong, MAP., dan kepala Humas Drs. Titof Tulaka, SH, MAP. (ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *