Tim Dosen PPKn Unima Latih Guru SMP Yayasan PGRI Poopo Menulis PTK

MINAHASA, Narasinews.co.id – Tim dosen Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FISH Unima menggelar kegiatan Pelatihan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru di SMP Yayasan PGRI Poopo, Kabupaten Bolaang Mangondow, Jumat (20/10/2023)

Diketahui, kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan Skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM).

Ketua Tim Dr. julien Biringan, MSi, dalam penyampaiannya mengatakan bahwa pelatihan pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para guru dalam membuat PTK secara mandiri.

“Dengan begitu guru-guru kita dapat membuat PTK nya secara mandiri,” kata Biringan yang juga Kajur PPKn FISH Unima.

Menurutnya, masih terdapat beberapa kendala dan permasalahan menulis Penelitian Tindakan Kelas.

“Satu masalah ketidak tercapaian tujuan pembelajaran dalam satu kegiatan PBM yang Bapak Ibu, itu bisa dilakukan penelitian dengan menguji coba sebuah model, metode, teknik pembelajaran, dan uji coba lainnya dalam menjawab dan menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang bapak Ibu hadapi di kelas. Kemudian data penelitiannya diolah dan disusun menjadi Penelitian Tindakan Kelas,” ujar Biringan.

Biringan, menambahkan bahwa guru yang dapat melakukan refleksi terhadap dirinya merupakan guru profesional.

“Guru profesional adalah guru yang dapat melakukan refleksi terhadap dirinya sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tingkat tinggi di kelas dan memberikan pendidikan karakter yang kuat terhadap siswanya dengan begitu para siswa yang dihasilkan menjadi pembelajar yang sukses, Individu yang percaya diri, bertanggung jawab dan dapat menjadi kontributor peradaban yang efektif. kompetensi yang harus dimiliki seorang guru agar dapat menjadi guru profesional adalah mampu mengembangkan dirinya salah satunya dengan melakukan penelitian yang dituangkan pada PTK, dengan seorang guru melakukan PTK maka dia dapat mengembengkan pembelajaran di kelas, menemukan metode-metode pembalajaran yang baru dan sesuai dengan jamannya,” tambah Biringan.

Ia pun berharap melalui pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi dalam menulis.

“Sangat diharapkan dapat menambah semangat bapak ibu guru sekalian, agar dapat meningkatan kompetensi dalam menulis usulan penelitian dan melakukan penelitian tindakan kelas,” pungkas Biringan

Selain itu, Drs. Ibrahim Lasambu selaku peserta yang ikut pada pelatihan mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.

“Saya sangat berterima kasih kepada tim PKM dari jurusan PPKn FISH Unima karena telah memberikan ilmu nya untuk mengatasi berbagai masalah yang di hadapi pihak sekolah maupun guru yang ada,” ungkapnya.

Lasambu berharap kegiatan pelatihan tersebut terus ada di sekolahnnya.

“Tentunya, kami (pihak sekolah) berharap pelatihan seperti ini terus berkelanjutan,” tandas Lasambu yang adalah guru IPS.

Diketahui, kegiatan pelatihan ini juga merupakan bentuk implementasi kerja sama antara Jurusan PPKn FISH Unima dengan SMP Yayasan PGRI Poopo, Kabupaten Bolaang Mangondow. (ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *