Gelar PKM Di SMP 4 Negeri Tomohon, Pangalila Bekali Siswa Dengan Projek P5

TOMOHON, Narasinews.co.id – Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran (PPKn) FISH Unima Dr. Theodorus Pangalila, S.Fils, M.Pd., melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM), bertempat di SMP Negeri 4 Tomohon, Senin (23/10/2023).

Kegiatan tersebut mengusung tema, PKM Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa di SMP Negeri Tomohon.

Diketahui, pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan Skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM).

Theodorus Pangalila, S.Fils, M.Pd., selaku dosen PPKn mengatakan bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini merupakan kegiatan kokurikuler yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

“Projek P5 ini merupakan bagian dari kurikulum merdeka yang terdiri dari enam dimensi yakni beriman, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif, serta bernalar krisis,” ujarnya.

Ia berharap dengan dilaksanakannya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini kedepannya dapat menambah wawasan serta memperkuat nilai karakter profil pelajar Pancasila pada siswa.

“Saya sangat berharap, terutama nilai karakter kemandirian, kreatifitas, dan gotong royong. Sehingga kedepannya diharapkan dapat memberikan kontribusi serta berdampak positif di lingkungan sekitar,” pungkas Pangalila yang juga  WD I FISH Unima.

Sementara itu, guru PPKn Christi Lumi, S.Pd, menyampaikan bahwa di era digital ini para generasi muda dengan segala upaya mensejajarkan dirinya mengikuti perkembangan jaman dan teknologi bahkan cenderung melupakan budayanya sendiri.

“Sebagai pusat transformasi kebudayaan, sekolah hendaknya mampu mewadahi generasi muda dalam mempertahankan eksistensi kebudayaan Pancasila kita yang semakin terkikis seiring perkembangan jaman dan teknologi,” paparnya.

Dirinya, berharap adaya komunitas di SMP Negeri 4 Tomohon sebagai representasi dan guna mewadahi kreativitas generasi muda

“Sebagai bentuk representasi dan guna mewadahi kreativitas generasi muda saya berharap kita bisa bentuk suatu komunitas kecil di sekolah agar mampu memberi pelajaran serta membimbing siswa-siswi di SMP Negeri 4 Tomohon untuk terus mempertahankan eksistensi kebudayaan Pancasila,” tutup Lumi. (ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *