Kembangkan Program Akademik Lewat Kerjasama Internasional, Unima Gandeng Burapha University Thailand

MINAHASA, Narasinews.co.id – Universitas Negeri Manado (Unima) kembali melakukan kerjasama internasional pada Kamis, (14/9/2023).

Kali ini, Unima menggandeng Burapha University di Thailand, untuk mengembangkan dan mewujudkan program akademik seperti penelitian dan publikasi melalui FGD skala internasional.

Pengembangan tersebut kemudian diseriusi dengan melakukan penandatangan MoU antara Unima dan Burapha University di auditorium fakultas Political Science and Law Burapha University Thailand.

Dekan Fakultas Political Science and Law Burapha University, Asst Prof. DR Wichian Tansirikongkol, antusias menyambut kerjasama ini.

“Kami sangat terbuka untuk kolaborasi akademik dengan fakultas di Unima. Kapan pun berkunjung ke Burapha, khususnya ke fakultas kami, kami sangat senang,” ujarnya.

“Kunjungan ini merupakan pembuka yang sangat luar biasa, kami sangat senang” lanjut Prof. Wichian.

Dalam suasana hangat pertemuan, para delegasi dari kedua universitas sepakat untuk menjalankan diskusi lanjutan di tingkat fakultas guna merumuskan rencana kerjasama yang lebih konkret.

Rektor Unima Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd., mengatakan, Akademik adalah core dari aktifitas perguruan tinggi dan pengembangan program akademik merupakan hal yg mesti dilakukan, baik dalam suasana nasional, regional apalagi internasional.

 

Pihaknya pun kegembiraannya atas sambutan yang luar biasa dari pihak Burapha University. “Burapha sangat terbuka untuk kerjasama dengan Unima, dan nanti kita akan memperkuat kerjasama ini dengan beberapa fakultas di Unima,” terangnya.

Kemitraan ini diharapkan membuka pintu dalam Knowledge exchange, collaborative research, dan  academic program development.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama Unima, Dr. Donal Matheos Ratu, S.Pd., M.Hum., saat dihubungi mengatakan, sewaktu pelaksanaan IJCST Unima juga turut mengundang salah satu dosen dari Burapha University Thailand menjadi narasumber.

“Dekan FISH, Recky H. E. Sendow, SP., MM., Ph.D., sendiri juga pernah menjadi pengajar di Burapha University. Sebenarnya kami sudah ada komunikasi sejak lama dengan kampus ini,” katanya.

“Rektor melaksanakan MoU supaya dosen dan mahasiswa kita bisa saling tukar pegalaman melaksanakan penelitian bersama, implementasi MBKM bisa dilaksanakan dalam dan luar negeri,” tutup Ratu

Pada kesempatan ini, turut dihadiri oleh Ketua Tim Pengembang Unima, Prof. Dr. Sjamsi Pasandaran, M.Pd, Wakil Rektor Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama Unima, Dr. Donal Matheos Ratu, S.Pd, M.Hum, Dekan FEB Unima, Dr. Joseph Kambey, Dekan FISH Unima Recky H. E. Sendow, SP., MM., Ph.D., dan sejumlah dosen di lingkup Unima.(ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *