Peringati Sumpah Pemuda Rektor Ingatkan Bersatu Bangun Bangsa

Advertorial246 Dilihat

MINAHASA, Narasinews.co.id – Dalam Rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Unima melaksanakan upacara yang bertempat di halaman depan Kantor Pusat Unima, Jumat (28/10/2022) yang dipimpin Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd., yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, dalam sambutannya yang dibacakan Rektor Unima mengatakan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk di jadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” ujar Prof. Dei.

Dengan tema ‘Bersatu Bangun Bangsa’ tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Saudara-saudara sekalian, peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilliki arti penting bagi perjalanan bangsa kita. Ini karena setiap ancaman terhadap kesatuan NKRIselalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” imbuhnya.

Rektor menyebutkan, kerja-kerja kolaboratif perlu dikembangkan. Karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial. “Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni,” imbuhnya.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia,” tandasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *