Tingkatkan Civic Responsibility Sebagai Implementasi P5, Jurusan PPKn Unima Sukses Gelar Program PKL Di Pantai Rerer

MINAHASA, Narasinews.co.id – Jurusan Pedidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FISH Unima melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan (PKL), bertempat di pantai Rerer desa Rerer, Jumat (17/23/2023).

Kegiatan ini diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Sekertaris Jurusan PPKn, Pdt Telly Delly Wua, S.Th., M.Pd.K.

Ketua panitia, Aresen Waney, dalam laporannya mengatakan program PKL kali ini mengusung tema Peningkatan Civic Responsibility Sebagai Implementasi Profil Pelajar Panncasila, dengan persiapan selama dua bulan dan sangat bersyukur semua dosen turut bekerja dari persiapan sampai jalannya kegiatan ini.

Ketua Jurusan PPKn Unima Dr. Julien Biringan, M.Si., menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Selaku kajur, sangat mengapresiasi kepada HMJ PPKn, para panitia pelaksana dan mahasiswa yang telah berkontribusi dalam mengsukseskan kegiatan PKL kali ini. Progam ini bertujuan untuk meningkatkan karakter bertanggung jawab mahasiswa sebagai implementasi P5 sehingga terwujud warga negara yang bertakwa, berakhlak mulia, berbhineka global, memiliki jiwa gotong royong, berpikir dan bernalar kritis kreatif serta mandiri,” ucap Biringan.

Menurutnya, program tersebut merupakan agenda rutin jurusan PPKn untuk membekali mahasiswa tentang pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), karakter bertanggung jawab sebagai warga negara (civic responsibility),dan mendorong partisipasi warga Negara (civic participation).

Selain itu, Biringan menjelaskan bahwa Mendikbudristek yang telah menginisiasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)  dengan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kelas dan memperoleh banyak pengalaman berharga.

“Dengan kesempatan belajar di luar kelas, kita bisa mendapatkan ilmu dan wawasan baru,” jelas Biringan.

Dia juga menuturkan, antusias dari para mahasiswa sangat terlihat dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Terlihat, para mahasiswa dan dosen yang hadir sangat bersemangat dan antusias kerena itu, saya berharap kegiatan ini terus berkelanjutan,” tutur Biringan.

Senanda dengan itu, mahasiswa jurusan PPKn, Gresensia Balanang berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas antar mahasiswa.

“Harapan ke depan semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut untuk meningkatkan sinergitas antar semasa mahasiswa dan juga mahasiswa dan dosen,” tandas Balanang.

Narasumber pada kegiatan tersebut yakni, Prof. Dr. Apeles Lexi Lontoh, M.Si, Dr. Arie Supriati, M.Si dan Drs. Jan A. Ratu, M.Pd. (ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *