Himapro Dan Himaju Geografi Unima Gelar Lintas Alam, Erick Lobja Sebut Tingkatkan Keterampian Serta Teknik Kepemimpinan

MINAHASA – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himapro) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (Himaju) Geografi melaksanakan lintas alam di seputaran Unima, Sabtu (7/10/2023).

Ketua Jurusan Pendidikan (Kajur) Geografi Dr. Erick Lobja, S.Pd, M.Si., dalam penyampaiannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan yakni menambah pengetahuan dan teknik keterampilan bertahan hidup di alam bebas.

“Saya sangat mengapresiasi para mahasiswa prodi dan jurusan Geografi Unima karena sukses melaksanakan kegiatan ini. Tujuan kegiatan kali ini untuk membantu para mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan selama berjalan di alam bebas serta melatih teknik kepemimpinan dan kerja sama antar mahasiswa,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan aktivitas para mahasiwa yang berkaitan dengan salah satu bidang kajian Geografi.

“Dalam kaitan dengan konteks bidang kajian Geografi, maka beberapa hal yang diperoleh oleh para mahasiswa yakni mengenal lingkungan alam, mengidentifikasi hewan dan jenis tumbuhan yang ditemui, mengetahui arah mata angin,” ujar Kajur yang akrab disapa Erick.

Erick menambahkan melalui kegiatan ini dapat membentuk kepribadian dan daya tahan tubuh para mahasiswanya.

“Kegiatan lintas alam juga menjadi salah satu kegiatan untuk bentuk kepribadian mental dan melatih daya tahan tubuh yang kuat pada setiap mahasiswa,” pungkas Erick.

Saat diwawancarai, Ketua Himapro Geografi Aprenita Musa, menjelaskan arti dari tema yang di angkat pada kegiatan tersebut.

“Jadi, tema kegiatan ini adalah manusia tidak bisa hidup tanpa alam tapi alam akan baik-baik saja tanpa manusia artinya bahwa manusia sangat bergantung pada alam dimana, jika alam tanpa manusia akan bertumbuh dan berkembang yang berarti manusia harus menjaga, dan memelihara alam yang ditempati,” jelasnya.

Dirinya menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan setiap dua tahun sekali.

“Kegiatan lintas alam ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali oleh Himapro dan Himaju Pendidikan Geografi dan kegiatan ini diwajibkan bagi mahasiswa seluruh mahasiswa Geografi yang belum pernah mengikuti kegiatan tersebut,” kata mahasiswi cantik yang akrab disapa Aprenita.

Ia pun berharap kegiatan tersebut dapat membangun kebersamaaan antar mahasiswa.

“Saya berharap melalui kegiatan ini dapat membagun kebersamaan, dan menciptakan mahasiswa yang memiliki pemikiran yang spasial, sehingga menarik perhatian dari khalayak ramai untuk kuliah di Geografi Unima,” tandas Aprenita.

Diketahui, para peserta meliputi mahasiswa Geografi semester satu dan tiga. Adapun  kegiatan ini ditutup dengan penyerahan sertifikat perserta lintas alam. (ABa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *