Unima Gelar Wisuda Luluskan 822 Wisudawan

Pendidikan109 Dilihat

MINAHASA, Narasinews.co.id –Universitas Negeri Manado (Unima) melaksanakan wisuda tahun akademik 2023-2024 bertempat di Auditorium Walanda Maramis, Kamis (21/3/2024).

Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan momentum ini perlu disyukuri.

“Selamat atas prestasi yang dicapai turut beryukur dan bersukacita. Pencapian ini adalah kerja keras dan kerja bersama semuanya,” sampainya.

Acara wisuda seperti ini merupakan acara wisuda universter sebagai bentuk pengakuan dan peneguhan lulusan perguruan tinggi, melalui wisuda mereka di kukuhkan untuk menyandang gelar akademik vocational maupun profesi.

“Pengakuan kebanggaan mereka telah menyelesaikan sebuah proses pendidikan, sehingga acara wisuda seperti ini sekaligus merupakan bagian dari akuntabilitas perguruan tinggi yaitu akuntabilitas publik Universitas Negeri Manado kepada pemerintah kepada masyarakat khususnya orang tua wisudawan atas kepercayaan yang di berikan kepada unima untuk mendidik anak – anak¬† dan saudara – saudara sekalian,” imbuhnya.

Hadirin yang saya hormati dan banggakan hari ini akan telah di wisuda putra putri terbaik anak – anak bangsa dimana hampir semua provinsi berada di unima mereka telah di tempah melalui proses belajar.

“Sungguh sangat luar biasa melalui kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) anak – anak kita telah di tempah dan di beri pengalaman belajar untuk mengembangkan berbagai potensi diri baik belajar di kampus belajar di program studi belajar di luar kampus dan belajar di dunia usaha dan industri di pemerintahan,” ungkap Katuuk.

Melalui berbagai kegiatan pembelajaran anak – anak kita dan saudara saudara kita telah di persiapakan dengan kompetensi dan keunggulan kompetitif, sehingga mereka dapat bersaing di dunia kerja pada hari ini telah di wisuda lulusan program Doktor.

“Program Magister dan program sarjana dan diploma baik program reguler maupun program rekognisi pengalaman lampau, hari ini begitu banyak juga yang selesai lewat program RPL, bagi masyarakat bagi para mahasiswa yang tidak menyelesaikan studi dapat juga mengikuti program RPL ini Semester genap tahap 2 tahun 2022/2023 ini,” tandasnya.

Kita sudah menyelesaikan atau mewisuda hari ini, dimana wisuda hari ini sebanyak 822 orang wisudawan yang sudah di wisuda.

“Wisuda bukanlah tradisi universiter yang rutin, tetapi merupakan bagian dari akuntabilitas akademik dan akuntabilitas publik suatu institusi pendidikan tinggi,” tegasnya.

Melalui wisuda ini unima mempertanggungjawabkan semua kepercayaan dan tanggung jawab yang di berikan dan kepercayaan pada unima untuk mendidik anak – anak bangsa menjadi insan yang berkarakter pancasila menuju Indonesia hebat.

“Oleh sebab itu kami dengan penuh kebanggaan mewisuda saudara – saudara, mulai hari ini berhak menggunakan Gelar Doktor, gelar magister, gelar sarjana dan atau gelar kompetensi sesuai bidang ilmu saudara – saudara,” pungkasnya.

Hayati bahwa gelar akademik yang saudara sandang bukanlah tujuan akhir tetapi masih harus di pertanggungjawabkan kepada masyarakat melalui pengabdian saudara2 wadah dan Medan pengabdian masih terbentang luas di hadapan saudara – saudara. (Kai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *