161 Mahasiswa Prodi IAN Unima Magang Kerja, Siwij: Jaga Nama Baik Kampus

Pendidikan478 Dilihat

MINAHASA, Narasinews.co.id – Sebanyak 161 mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara (IAN) Universitas Negeri Manado (Unima) mengikuti pembekalan magang kerja, berlangsung di aula Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Kamis (1/2/2024).

Dibawah arahan Kaprodi IAN Dr. Devie Siwij, SIP, MAP pembekalan tersebut berjalan dengan lancar, serta turut menjadi pemateri Jeane Litha Mantiri, SAB., MAP selaku dosen Prodi IAN.

Pada kesempatan Itu, Siwij menyampaikan, sebanyak 158 mahasiswa akan ditempatkan di 30 instansi sedangkan 3 lainnya penempatan secara nasional lewat program magang MBKM, dan mereka dibiayai langsung oleh negara.

“Jadi totalnya 161 dan semua mahasiswa ini akan magang kerja di instansi-instansi yang telah bekerja sama dengan Prodi IAN serta Unima selama ini,” tutur Siwij.

Kemudian, ia berpesan agar mahasiswa yang akan turun magang harus menjaga citra almamater seperti menjaga citra diri lewat dari etika, skill. “Ketika berada di tempat magang itu harus menjaga nama baik kampus lewat citra diri masing-masing, selain itu tingkatkan soft skill sehingga baik untuk diri sendiri juga untuk perguruan tinggi asal,” terangnya.

Sementara itu, salah satu dosen Prodi IAN Jeane Litha Mantiri, SAB., MAP yang juga pemateri pada pembekalan magang tersebut mengatakan, secara teori mahasiswa sudah siap karena mereka sudah belajar. Tetapi butuh juga yang namanya pembekalan untuk lebih melengkapi dalam hal etika, mekanisme maupun inovasi di dunia kerja.

“Pentingnya magang ini bagi mahasiswa, karena teori yang mereka dapatkan selama di kampus kurang lebih 5 semester kemudian pada semester 6 praktik kerja. Jadi selain mempelajari teori, mereka menerapkan teori itu pada saat magang,” kata Mantiri.

Sementara itu, salah satu mahasiswa magang, Glorya Manapa mengatakan, banyak hal yang harus saya siapkan mulai dari berpakaian yang rapih dan membuat diri lebih percaya diri.

“Mendapat pengalaman baru saat magang kerja itu penting, dan dari magang itu saya dan teman-teman dapat mengetahui hal-hal baru,” pungkasnya. (Kai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *