Mulai Bergulir, Esok Panitia Pilrek Unima Mulai Buka Pendaftaran

Minahasa, Terkini169 Dilihat

MINAHASA, Narasinews.co.id – Mulai besok, Kamis (2/5/2024) Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Negeri Manado (Unima) 2024 membuka pendaftaran penjaringan bakal calon rektor (Bacarek). Hal ini diungkapkan Ketua Panitia Pilrek tahun 2024, Prof. Dr. Freddy Semuel Kawatu, M.Si, dalam jumpa pers, lantai 2 gedung rektorat Unima, Selasa (30/4/2024).

Kawatu yang juga didampingi Sekretaris Panitia, Devie S. R. Siwij, SIP., MAP, bersama Kepala Humas, Drs. Titof Tulaka, SH., MAP selaku panitia sekretariat mengatakan, bahwa proses penjaringan ini merupakan langkah awal dalam pemilihan rektor Unima untuk periode 2024-2028 mendatang sejak panitia terpilih dan mendapat persetujuan kementerian dan rektor untuk segera melaksanakan tahapan.

Profesor senior Unima ini menjelaskan, bahwa proses penjaringan sampai pada proses pemilihan rektor akan diawasi langsung Kemendikbud Ristek selaku lembaga tertinggi yang menaungi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan secara internal diawasi Rektor Prof. Dr. Deitje A. Katuuk, M.Pd, Senat Unima, pimpinan universitas, fakultas, dosen, pegawai serta mahasiswa. Seluruh civitas akademika ini bersama-sama akan memastikan seluruh tahapan penjaringan hingga pemilihan berjalan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Jadi para kandidat yang ingin mendaftar diharapkan segera memenuhi persyaratan dan mengikuti prosedur pendaftaran yang telah ditetapkan panitia. Untuk pendaftaran dibuka sejak tanggal 2 Mei sampai 27 Mei mendatang. Informasi lebih lanjut terkait proses penjaringan dapat dilihat melalui situs resmi Unima,” jelas Prof Kawatu.

Dikatakan Prof Kawatu, panitia Pilrek 2024 akan bekerja maksimal dan objektif dalam melaksanakan penjaringan, penyaringan sampai dengan terpilihnya rektor Unima untuk periode empat tahun kedepan.

“Kami dalam melaksanakan tugas mengacu pada landasan hukumnya, sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 19 Tahun 2017 dan Nomor 21 Tahun 2018 serta peraturan Senat,” ungkapnya.

Selain itu, katanya lagi, segala sesuatu terkait dengan hal-hal teknis panitia intens melakukan konsultasi dengan kementerian. “Jadi panitia ini tidak bekerja sesuai keinginan sendiri, melainkan punya pedomannya dalam mengambil keputusan, termasuk tahapan-tahapan dalam Pilrek,” sebutnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Devie S. R. Siwij, SIP., MAP mengatakan, tema yang diangkat dalam momentum Pilrek Unima tahun 2024 adalah, Pemilihan Riang Gembira Menuju Pemilihan Rektor Unima yang Berintegritas Serta Bermartabat.

“Karena ini adalah lembaga akademik, maka kita harapkan Pilrek kali ini bebas dari persoalan intimidasi, rekayasa, berbau sara dan politik praktis,” ungkap Devie yang kesehariannya sebagai Koordinator Prodi Administrasi Negara.

Devie menambahkan, panitia akan melakukan sosialisasi terbuka kepada seluruh PTN, karena pendaftaran Bacarek ini terbuka untuk siapa saja kandidat yang memenuhi persyaratan meski dari luar kampus Unima. (Kai)

Jadwal Pelaksanaan Pilrek 2024 dan Persyaratan Bacarek:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *