Unima dan Kominfo Gelar Pelatihan Pengembangan SDM Sektor TIK dan Digital

Pendidikan105 Dilihat

MINAHASA, Narasinews.co.id Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) bekerja sama dengan Universitas Negeri Manado (Unima) dalam rangka kegiatan “Digital Talent Scholarship (DTS) dan Digital Entrepreneuship” melalui pelatihan bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Sektor teknologi informasi dan digital, Bertempat di lantai III kantor pusat unima, Kamis (4/4/2024).

Kegiatan tersebut dibuka lewat sambutan oleh Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd., diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kominfo serta pihak terkait lainnya, terutama Kepala Dinas UMKM Kabupaten Minahasa Maudy N. Lontaan, S.Sos yang diwakili oleh Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil Merry Walangitan, dalam penyampaiannya juga memberikan pesan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan baik kesempatan pelatihan ini.

“Pelatihan ini merupakan kesempatan belajar bagi para mahasiswa, karena ini sangat berarti bagi kehidupan mahasiswa. Jadi manfaatkan dengan baik kehadiran dari Kominfo serta para pengajar yang hadir dalam pelatihan ini,” tegas Orbanus.

Sambutan yang juga disampaikan Kepala Subbagian Umum, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Manado Arsyad, menyampaikan rasa syukur atas berkat rahmat dari Tuhan sehingga bisa hadir dalam momentum ini.

“Dalam rangkaian kegiatan yang kita inisiasi dengan pihak kampus Unima saat ini, mudah-mudahan dengan apa yang kami sampaikan dapat menambah wawasan pengetahuan dari para mahasiswa, kegiatan ini juga merupakan salah satu program beasiswa pelatihan talenta digital dari Kementerian Kominfo teruntuk masyarakat dan juga civitas akademika yang bekerja sama dengan Kominfo,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan Unima, Dr. Meidy S.S Kantohe, SE.,M.Si.,Ak.,CA.,CSRS menyampaikan, bahwa kegiatan ini dalam rangka menambah wawasan bagi mahasiswa untuk mampu berwirausaha, karena sangat penting untuk masa depan.

“Karena begitu pentingnya pelatihan seperti ini dan guna meningkatkan skill mahasiswa dalam berwirausaha maka kami bekerjasama mengadakan kegiatan ini,” tutur Kantohe.

Perlu diketahui, lanjut Kantohe, Digital Talent Scholarship (DTS) adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat Indonesia dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Peserta DTS akan mendapatkan pelatihan dan sertifikasi dalam berbagai bidang TIK, seperti pemrograman, desain grafis, data science, dan lain-lain,” katanya.

Sedangkan Digital entrepreneurship, atau kewirausahaan digital, adalah kegiatan bisnis yang menggunakan teknologi digital sebagai salah satu aspek utama dalam operasinya.

Dijelaskan Kantohe, hal-hal yang berkaitan dengan digital entrepreneurship meliputi, E-commerce, Digital Marketing, Startup, Payment Gateway, dan Digital Skills.

“Pastinya baik itu Digital Talent Scholarship dan Digital Entrepreneurship, memiliki peran penting dalam mengembangkan ekonomi digital di Indonesia dan meningkatkan daya saing bangsa dalam era digital. Makanya begitu penting melaksanakan kegiatan ini,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan diantaranya, pimpinan Unima, dosen dan pegawai Unima, dinas terkait serta mahasiswa. (Kai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *