Hadiri Sosialisasi Komcad, WR III Unima: Kerja sama Seluruh Elemen Bangsa Sangat Dibutuhkan

Minahasa, Terkini390 Dilihat

MINAHASA Narasinews.co.id – WR III Unima, Dr. Donal Matheos Ratu, S.Pd., M.Hum., mengikuti kegiatan sosialisasi komponen cadangan (komcad) TNI yang diselenggarakan Kodam XIII/Merdeka dengan Kemenhan RI, secara tatap muka dan online di Aula Grhadika “Jaya Sakti” Makodam, Kamis (26/1/2023).

Tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi tersebut ialah memperkuat juga memperbesar kemampuan TNI selaku komponen utama pertahanan negara untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI.

Sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Dirjen Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha. Kegiatan ini merupakan penerapan UU nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara.

Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Denny Tuejeh, dalam sambutannya yang disampaikan Kasdam XIII/Merdeka, Brigjen TNI M. Luthfie Beta, menyebutkan bahwa dalam memperkuat negara, pemerintah sudah memperluas peran masyarakat dalam upaya pertahanan melalui pembentukan komcad.

“Harus disadari, rekrutmen ini menargetkan meningkatnya pemahaman kaum muda terkait nilai-nilai yang terkandung dalam bela negara, seperti cinta tanah air, rela berkorban, kesadaran berbangsa, keyakinan Pancasila sebagai ideologi negara, nasionalisme serta patriotisme,” ujar Kasdam.

Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd yang diwakili WR III, Dr. Donal Matheos Ratu, S.Pd., M.Hum mengaku bahwa dirinya berterima kasih dan mengapresiasi akan adanya sosialisasi rekrutmen komcad ini.

“Hal seperti ini harus disosialisasikan kepada semuanya, di mana dalam rangka membangun pertahanan negara sangat dibutuhkan kerja sama seluruh elemen bangsa, tidak terkecuali golongan akademisi,” ujar Donal.

“Terima kasih dan apresiasi kepada TNI melalui Kodam XIII/Merdeka dan Kemenhan RI karena sudah mengundang Unima menghadiri sosialisasi ini,” kata Donal.

“Diharapkan melalui kesempatan ini pemahaman kaum muda tentang persatuan dan keutuhan negara dapat lebih dikembangkan hingga menciptakan generasi yang cinta tanah air,” pungkasnya. (Abner Bawinto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *