Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Sulut

MINUT, Narasinews.co.id -Presiden RI Joko Widodo resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan yang dibangun sejak tahun 2016 dan memiliki kapasitas 26 juta meter kubik, yang bernama Bendungan Kuwil Kawangkoan yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/1/2023).

“Bendungan ini memiliki sejumlah manfaat yang dapat digunakan oleh warga sekitar, dengan kapasitas tampung 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektare yang bisa nanti untuk pembangkit listrik,” kata Jokowi.

Orang nomor 1 di Indonesia ini menambahkan bahwa, tak hanya untuk keperluan irigasi lahan pertanian, Bendungan Kuwil juga bermanfaat untuk mereduksi banjir di wilayah Sulawesi Utara.

“Kalau enggak dihentikan di sini, airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir, seperti kita ingat pernah 2014 di Manado pernah banjir bandang,” ujar Jokowi

Adapun, bendungan ini juga dapat bisa untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Jadi Bendungan Kuwil ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro, yang menghasilkan tenaga listrik 2 kali 0,70 megawatt. Meskipun tidak terlalu besar tetapi bisa menjadi pembangkit listrik tenaga mikrohidro,” sampainya.

Dalam kesempatan tersebut hadir juga pelajar dari kalangan dari SD, SMP, dan SMA yang terlihat antusias menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Pada kesempatan itu, Presiden memanggil dan mengajukan pertanyaan kepada beberapa pelajar.

“Sebutkan dua fungsi bendungan,” kata Presiden kepada seorang pelajar SMA bernama Naisil Hendar.

“Sebagai tempat penampungan air hujan, sebagai tempat membudidayakan ikan,” jawab Naisil.

Presiden pun mengonfirmasi jawaban Naisil kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Saya mau tanya Pak Menteri PU. Betul, Pak Menteri?,” kata Presiden

“Betul, Pak,” jawab Menteri PUPR.

“Betul, sudah. Nanyanya Pak Menteri PU saja yang sering buat bendungan. Sepeda diambil silakan,” kata Presiden kepada Naisil.

Selain itu, Presiden bersama rombongan terbatas menebar benih ikan di Bendungan Kuwils setelah acara peresmian

Menteri PUPRBasuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, turut mendampingi Presiden dalam peresmian ini.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw, Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dan sejumlah kepala daerah yang ada di Sulut. (Abner Bawinto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *